Antisipasi Aksi Anarkis, Ratusan Personil Polres Wonogiri Ikuti Latihan Unjuk Rasa

Avatar photo

POLRES WONOGIRI – Pelatihan unjuk rasa melibatkan bagian operasi, Sat Samapta, Dalmas Kerangka, Dalmas Inti, Unit K-9, Unit Rainmas, Tim Negosiator, Tim Dokkes, Sat Reskrim, Sat Intel, Sat Binmas, SPKT, Si Telekomunikasi, Propam dan Massa gabungan dari Polsek Jajaran.

Sejumlah 400 anggota Polres Wonogiri berlatih skill cara penanggulangan aksi unjuk rasa. Apel pasukan dilaksanakan di Jalan PBS, Donorojo, Kelurahan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri dan dilanjutkan simulasi penanganan aksi anarkhistis massa selama 2 (dua) hari yakni Selasa – Rabu, 22-23 Maret 2022.

“Tindakan unjuk rasa ini.sewaktu-waktu bisa terjadi. Kita mengingatkan kembali, me-refresh kemampuan anggota dalmas (pengendali massa) yang terkait tugasnya dan tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gangguan kamtibmas (keamanan, ketertiban masyarakat),” ujar Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, SIK, MSi saat di wawancarai awak media pada Selasa, 22 Maret 2022, seusai memimpin apel pembukaan latihan.

Kapolres menjelaskan peserta refresh merupakan gabungan dari Polsek dan Polres Wonogiri berjumlah 400 anggota.

“Akan ada tim negosiator yang dimainkan polwan. Kemudiab massa awal yang dilaksanakan rekan polsek gabungan, dalmas inti dari rekan-rekan Satsamapta,” jelas Kapolres.

Perwira menengah melati dua ini, menyatakan simulasi akan dilakukan terkait dengan gangguan kamtibmas.

“Skenarionya berkaitan dengan pembagian BLT yang tidak tepat sasaran sehingga menimbulkan gangguan kamtibmas. Dimana terjadi unjuk rasa yang mengarah ke tindakan anarki. Polisi menindaklanjuti dengan tindakan hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres menegaskan latihan atau me-refresh skill anggota bukan berarti di Wonogiri terjadi peristiwa unjuk rasa. Namun, tegasnya, anggota Dalmas Polres Wonogiri harus siap dan harus ready sewaktu-waktu terjadi unjuk rasa.

“Jadi kita siapkan diri, sewaktu-waktu ada kejadian unjuk rasa yang di perkirakan mengarah pada anarkis dapat teratasi dan kita juga harus siap,” tandas Kapolres.

 

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)