Kapolres Wonogiri : Pelaksanaan Sertijab Kasat Reskrim dan Para Kapolsek Berjalan Dengan Lancar

Avatar photo

Pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 pukul 07.55 s.d. 08.30 WIB bertempat di Halaman Mapolres Wonogiri Jl. Raya Wonogiri-Wuryantoro KM. 2, Donoharjo, Wuryorejo, Kec./ Kab. Wonogiri telah dilaksanakan Upacara Sertijab Kasat Reskrim, Kapolsek Nguntoronadi dan Kapolsek Pracimantoro Polres Wonogiri.

*1. Pejabat Upacara, sbb :*
a. Inspektur Upacara : Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si.
b. Perwira Upacara : Kabag SDM Polres Wonogiri Kompol Prawito, S.H.
c. Komandan Upacara : Kanit 3 Satreskrim Polres Wonogiri Iptu Pradana Dwi Atmaja, S.H., M.H., M.Si.

*2. Peserta Upacara, sbb :*
a. Wakapolres Wonogiri
b. Pejabat Utama Polres Wonogiri
c. Kapolsek Jajaran Polres Wonogiri
d. Pama, Brigadir dan PNS Polres Wonogiri

*3. Susunan Upacara, sbb :*
a. Laporan Komandan Upacara
b. Pembacaan Keputusan
c. Pengambilan Sumpah Jabatan didampingi Rohaniawan
d. Penandatanganan berita acara sertijab, pengambilan sumpah dan pakta integritas

*4. Amanat Inspektur Upacara Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., sbb :*
a. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sehingga dapat melaksanakan upacara “serah terima jabatan Kasat Reskrim, Kapolsek Nguntoronadi dan Kapolsek Pracimantoro Polres Wonogiri” dalam keadaan sehat walafiat.

b. Serah terima jabatan merupakan hal wajar dan biasa terjadi di lingkungan Polri karena bagian dari dinamika organisasi dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tugas demi kepentingan organisasi dan pembinaan karir.

c. Pergantian jabatan adalah cermin bahwa Polri bersifat dinamis dalam rangka menghadapi perubahan dan selalu berupaya memelihara kelangsungan estafet kepemimpinan mulai dari tingkat Mabes Polri sampai dengan lini terdepan yaitu Kapolsek.

d. Saat ini Polri telah menyusun strategi pembentukan operasionalisasi perpolisian masyarakat / kemitraan polisi dan masyarakat yang menekankan pendekatan kemanusiaan yang menempatkan masyarakat sebagai mitra kerja yang setara dalam upaya penegakkan hukum, pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat untuk mendukung konsep PRESISI.

e. Pergantian pimpinan merupakan kebutuhan organisasi dan regenerasi kepemimpinan. Tujuan yang diharapkan yakni mampu membawa ide baru, langkah kreatif dan inovatif dalam roda organisasi untuk menghadapi tantangan tugas yang dinamis.

f. Dengan adanya pergantian diharapkan sebagai bentuk penyegaran dan jabatan sekaligus pendorong semangat untuk lebih giat dan maju dalam melaksanakan tugas yang akhirnya berdampak terhadap kemajuan Polri.

g. Untuk mencapai dan mewujudkan harapan masyarakat perlu kepedulian kita sebagai unsur pimpinan dan tidak terlepas adanya dukungan dari seluruh anggota, dikarenakan tantangan dan hambatan dalam menjalankan tugas kedepan akan semakin berat dan kompleks.

h. Kepada pejabat yang baru berserah terima jabatan, kami atas nama pimpinan Polres Wonogiri beserta Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri mengucapkan mutasinya, semoga amanah dan sukses, segera selamat atas beradaptasi dengan lingkungan baru lakukan mapping akan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

i. Kemudian kepada pejabat yang akan meninggalkan Polres Wonogiri yaitu AKP Supardi, S.H., M.H. kami ucapkan selamat atas promosi jabatannya menjadi Kapolsek Jebres Polresta Surakarta terimakasih atas dedikasi tingginya terhadap kemajuan Polres Wonogiri, semoga sukses, amanah dan menjadi berkah untuk keluarga.

j. Kepada pejabat Kasat Reskrim yang baru AKP Untung Setiyahadi, S.H., M.H. kami ucapkan selamat datang di Polres Wonogiri segera beradaptasi, sumbangsih dan pemikiran untuk kemajuan Polres Wonogiri kami nantikan.

k. Kepada AKP Ujang Joko Widianto, S.H., perpindahan atau mutasi sebagai Kapolsek Nguntoronadi bukanlah hal baru karena sudah sering Kapolsek, segera beradaptasi menyesuaikan karakteristik baik wilayah maupun penduduk di wilayah tugas yang baru.

l. Untuk Iptu Bunal Eko Trilaksono, S.H., mendapat promosi Kapolsek Pracimantoro, tentunya pengalaman di dunia reserse menjadi modal utama dalam pelaksanaan tugas, mengingat bahwa wilayah Pracimantoro adalah wilayah yang sering terjadi gangguan kamtibmas, ini adalah tantangan kedepannya, dengan pengalaman yang miliki segera beradaptasi.

m. Selamat menempati jabatan baru, saya yakin akan langsung dapat menyesuaikan dan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru, harapannya dapat menjadi panutan dan tauladan bagi anggotanya, menjalankan tugas dan tanggung jawab secara ikhlas.

n. Jaga terus sinergitas dengan instansi lain terutama rekan TNI dan seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder yang lain guna mendukung pelaksanaan tugas.

o. Semoga kita semua mendapatkan petunjuk dan bimbinganNya dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

*5. Adapun personil yang melaksanakan Sertijab, sbb :*
a. AKP Supardi, S.H., M.H. NRP 66050375 Kasat Reskrim Polres Wonogiri menjadi Kapolsek Jebres Polresta Surakarta.
b. AKP Untung Setiyahadi, S.H., M.H. NRP 73030085 Kasat Reskrim Polres Tegal Kota menjadi Kasat Reskrim Polres Wonogiri.
c. AKP Ujang Joko Widianto, S.H. NRP 66110505 Kapolsek Pracimantoro Polres Wonogiri menjadi Kapolsek Nguntoronadi Polres Wonogiri
d. Iptu Bunal Eko Trilaksono, S.H. NRP 70110017 Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Wonogiri menjadi Kapolsek Pracimantoro Polres Wonogiri.

*Catatan :*
1. Adapun dasar pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :
a. Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Nomor: KEP/814/V/2023 tanggal 11 Mei 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan serta pengukuhan dalam jabatan perwira di lingkungan Polda Jateng.
b. Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Nomor: KEP/816/V/2023 tanggal 11 Mei 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan perwira di lingkungan Polda Jateng.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jawa Tengah)