Polres Wonogiri Berikan Pembinaan Anggota PKS SMK Dayawangsa

Avatar photo

Wonogiri – Polres Wonogiri Polda Jateng, Untuk membantu memberdayakan kembali Patroli keamanan Sekolah ( PKS ), Kasat Binmas Polres Wonogiri Beserta KBO Sat Lantas Polres Wonogiri melaksanakan pembinaan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) kepada 12 anggota PKS SMK Dayawangsa Wonogiri, di Gedung Bhayangkari Polres Wonogiri, Selasa (25/07/2023)

“Kegiatan tersebut berpedoman pada Undang undang No 2 Th 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang undang No 22 Th 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan.

Adapun materi yang di berikan meliputi pengertian, dasar hukum, 12 gerakan lalu lintas, cara menyeberangkan orang/masyarakat, dan etika tertib berlalu lintas serta kemampuan dalam melayani dan melindungi warga sekolah terhadap berbagai hal yang terjadi dalam lingkup intern sekolah.

Dijelaskan, tugas  PKS adalah memberikan pelayanan siswa dalam berlalulintas, mendukung mengamankan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah, memberikan pembinaan dan berupaya menciptakan suasana sekolah yang tertib damai dan bersahabat.

Kasat Binmas AKP Setiyono, S.H. menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan pembekalan untuk meningkatkan kemampuan anggota PKS yang nantinya mereka menjadi pelopor dan contoh siswa lainya dalam menjaga keamanan sekolah. Mereka disiapkan juga untuk membantu tugas polisi dalam pengaturan lalu lintas khususnya di sekolahnya.

( Humas Polres Wonogiri Polda Jawa Tengah )