Polres Wonogiri Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Mako

Avatar photo

Wonogiri-Polres Wonogiri Polda Jeteng, Antisipasi aksi penyerangan terhadap Markas Komando (Mako) maupun personel Kepolisian, Polres Wonogiri Polda Jateng sigap melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispan Mako). Jumat (11/8/2023)

Ada beberapa skenario yang dilaksanakan. Pertama kondisi normal dimana petugas dari unit Sat Samapta melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan masyarakat yang memasuki Mapolres. Pada kondisi ini, dijelaskan bagaimana cara melakukan penggeledahan dengan tetap menjaga jarak antara petugas dengan yang diperiksa.

Skenario kedua, digambarkan ada pengendara sepeda motor yang menerobos Mako menggeber geber kendaraan dan melakukan penyerangan terhadap anggota yang berjaga. Namun dengan tehnik dan taktik yang dilatihkan, anggota mampu menghindar dan berhasil melumpuhkan orang tidak dikenal tersebut.

Skenario ketiga setelah terjadi penyerangan kemudian dilakukan Alarm Of Stelling, dalam sekenario ini, terdengar bunyi lonceng dan suara alarm yang menandakan situasi kontinjensi. Kemudian seluruh personel melakukan apel kesiapan di halaman Mapolres. Setelah mendapatkan arahan dari pimpinan, selanjutnya seluruh personel menyisir dan langsung menempatkan diri sesuai dengan zona masing-masing untuk melakukan pengamanan Mako.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si. yang memimpin langsung jalannya simulasi sispam mako ini menuturkan, pihaknya sengaja merefresh kembali tehnik pengamanan Mako sesuai dengan SOP agar anggota khususnya yang berjaga di depan lebih memahami tentang mekanisme dan langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi kondisi seperti itu.

“Simulasi ini sebagai langkah antisipasi kami. Kita coba semua tehnik untuk meminimalisir korban. Baik dari petugas maupun masyarakat, dan untuk melihat kesiapsiagaan seluruh Personel dan sarana prasarana dalam rangka menjaga kondisi keamanan Mako”.” Ujar AKBP Indra

Kapolres menyampaikan, Selain dilaksanakan di Mapolres Wonogiri kegiatan simulasi Sispam Mako ini juga dilaksanakan di Mako Satlantas, Kantor Satpas SIM serta dilaksanakan di Polsek jajaran di Wilayah Hukum Polres Wonogiri oleh anggota Polsek masing-masing.

Dalam rangkaian simulasi pengamanan mako tersebut, Wakapolres Wonogiri, PJU dan seluruh anggota Polres Wonogiri turut hadir dan berperan sesuai tugasnya masing – masing dalam kegiatan simulasi ini. Bahkan untuk mempertegas suasana, simulasi menggunakan peluru hampa sehingga peragaan pun berjalan seperti suasana yang sesungguhnya.

( Humas Polres Wonogiri Polda Jateng )