Penyebaran Covid Klaster Pasar Sidoharjo Terputus

Avatar photo
Pasar Sidoharjo saat disemprot disinfektan, beberapa waktu lalu. Saat ini kondisi pasar mulai normal, menyusul para pedagang yang positif Covid-19 sudah selesai karantina mandiri.

Klaster penyebaran Covid-19 di Pasar Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo mulai putus. Aktivitas di pasar berangsur-angsur normal.

Camat Sidoharjo Sarosa menambahkan, hasil tes swab para pedagang Pasar Sidoharjo sudah keluar seluruhnya. Sebelumnya, secara kumulatif ada 104 pedagang pasar yang terkonfirmasi positif Covid-19.

”Sebanyak 104 pedagang itu sudah selesai menjalani masa isolasi mandiri. Sudah boleh jualan lagi,” ungkap Sarosa.

Dia menambahkan, klaster keluarga dari pedagang terpapar Covid-19 juga telah rampung menjalani masa isolasi. Baik pedagang maupun keluarga pedagang yang terpapar sudah sembuh seluruhnya.

Pasar tersebut kini mulai ramai. Sejumlah pedagang sayur dari luar daerah telah menggelar lapaknya seperti sediakala. Kondisi yang sama juga terjadi di sekitar pasar, seperti pasar hewan, pasar kayu, dan terminal sekitar Pasar Sidoharjo.

”Walau klaster pasar sudah putus, pedagang dan pengunjung pasar harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Potensi penyebaran tetap ada, saat ini masih pagebluk. Kami harapkan geliat ekonomi di kecamatan kami bisa lebih baik lagi dengan ini,” tandas Sarosa.