Aksi Nekat Pelaku Curanmor Di Wonogiri, Berakhir Begini

Avatar photo
Dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, SIK,MH,Msi Gelar Ungkap Kasus Curanmor Di Halaman Mako Polres Wonogiri (29/3)

Polisi tangkap pelaku pencuri sepeda motor Honda Beat B 6927 WTT milik Yatmo (40) warga Dusun Gobeh RT2/RW 4 Desa Bumiharjo Kecamatan Giriwoyo, Minggu (28/3) petang.yang diparkir di teras rumah, hilang dicuri. Saat peristiwa terjadi, dia sedang Salat Magrib.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, SIK, MH, MSi melalui Paur Humas AIPDA Iwan Sumarsono, Terbongkarnya aksi pencurian itu bermula dari informasi salah satu pedagang makanan yang berjualan di sekitar bundaran atau simpang lima Giriwoyo. Pedagang itu kali pertama didatangi pelaku yang membawa sepeda motor yang ciri-cirinya mirip dengan korban pencurian di Dusun Batu Kidul Desa/Kecamatan Baturetno, Minggu (28/3) pukul 18.00 WIB.

“Singkat cerita, modus pelaku ini berpura-pura menggadaikan motornya kepada pedagang nasi goreng yang berjualan di timur jalan raya Giriwoyo-Pacitan, atau persis di depan agen bus Sindoro Satria Mas, Giriwoyo. Saat itu pelaku minta Rp 2 juta, tapi tanpa ada STNK-nya.” ujarnya.

“Karena jelas, motor itu milik warga Baturetno yang hilang Minggu petang. Kemudian warga berpura-pura mau menggadai, tapi pada intinya untuk mengulur-ulur waktu, biar pelaku tidak lari jauh. Otomatis ketika pelaku melihat uang, pasti akan menggadai motor hasil curiannya,” paparnya.

Usai dipancing dengan adanya calon penggadai kemudian warga menghubungi anggota Polsek Giriwoyo. Mendapati informasi itu, anggota yang saat itu berjaga langsung bergerak cepat mengamankan pelaku bersama barang bukti berupa satu unit Honda Beat dengan Nopol B 6927 WTT.

“Waktu di tangkap, pelaku mengaku khilaf, ndak punya uang. Katanya untuk beli susu dan untuk ongkos ke Jakarta menengok ibunya,” kata pelaku OS (24), warga Jakarta.

Pelaku pencurian sepeda motor itu adalah OS (24), warga Jakarta. Ia menikahi wanita asal Kecamatan Baturetno dan dikarunia seorang putra yang masih Balita.

Di saat bersamaan, puluhan pemuda dari Baturetno tiba di lokasi kejadian penangkapan. Meski semua geram dengan ulah pelaku, namun emosi para pemuda dapat diredam karena melihat faktor ekonomi pelaku yang sedang sulit. Lantaran kejadian tindak pidana pencurian di Baturetno sekitar pukul 00.30 WIB, maka pelaku diserahkan kepada pihak Polsek Baturetno.

“Usai dibawa ke Polsek Baturetno, selang beberapa jam kemudian pelaku dijemput tim dari Polres Wonogiri guna proses penyidikan lebih lanjut),” imbuhnya.

“Masyarakat harus waspada. Jangan meninggalkan kendaraan bermotor dengan posisi kunci kontak tergantung di motor. Periksa dulu sebelum ditinggal pergi,” ini himbauan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, SIK, MH, MSi kepada warga masyarakat.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)