Satkamling RT 03 RW V Kelurahan Giriwono Kec.Wonogiri,Terpilih Mewakili Lomba Tingkat Polda Jateng

Avatar photo

Polres Wonogiri- Polda Jateng, – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) RT.03 RW.V Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri kota ,Kab. Wonogiri, berhasil mewakili Kab. Wonogiri sebagai Satkamling terbaik dalam lomba Satkamling tingkat Polda Jateng.

Sehingga , Satkamling Lingkungan RT.03 RW.V Kelurahan Giriwono dikunjungi langsung oleh Tim Penilai Lomba dari tingkat Polda Jateng tahun 2023, Selasa (6/6/2023) malam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si. Team Penilai dari Dit Binmas Polda Jateng Kompol Hartono, S.H., M.H., Pejabat Utama Polres Wonogiri, Anggota DPRD Kab. Wonogiri Bp. Margono, Kapolsek Distrik Kota, Forkopincam Wonogiri kota,Kanit Binmas serta Bhabinkamtibmas Polsek Distrik Kota, Lurah/Kades se Kec. Wonogiri, Ketua RW dan RT Kel. Giriwono, Kec. Wonogiri,dan Toga/Tomas dan masyarakat Kel. Giriwono.

Kapolres Wonogiri AKBP Indra dalam sambutannya menyampaikan “marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bisa hadir pada pelaksanaan kegiatan lomba Satkamling Tingkat Polda Jawa Tengah dalam keadaan sehat walafiat.Kegiatan Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) merupakan budaya warisan leluhur yang wajib kita lestarikan dan masih sangat relefan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan juga bermanfaat menjaga silaturahmi sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak. Kegiatan Satkamling juga merupakan salah satu wujud nyata masyarakat dalam mencintai tanah airnya, karena Satkamling merupakan salah satu bentuk bela negara. Satkamling giat yang dilaksanakan dengan baik oleh warga masyarakat lingkungan Joho Lor Rt.003 Rw.005 Kelurahan Giriwono Kecamatan/ Kabupaten Wonogiri berhasil dan terpilih mewakili Kabupaten Wonogiri dalam penilaian lomba Satkamling Tingkat Polda Jawa Tengah.Pelaksanaan Satkamling yang baik di Kelurahan Giriwono telah menjadi inspirasi bagi Desa/ Kelurahan lainnya, sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif dalam mewujudkan Wonogiri yang aman dan terhindar dari permasalahan keamanan.Kegiatan malam ini sebagai perintah dari Mabes Polri untuk senantiasa meningkatkan Harkamtibmas menjelang Pemilu 2024 salah satunya dengan Pamswakarsa atau pasukan pengamanan masyarakat swakarsa yang mana esensinya akan menggelorakan kembali semangat Gotong Royong dan Satkamling yang saat ini mulai luntur. Gangguan Kamtibmas sangat rentan terjadi dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah dan sudah seharusnya keamanan di tiap wilayah menjadi tanggungjawab masing-masing masyarakat yang menempatinya.Dalam kegiatan ini Polisi RW di bentuk untuk mendeteksi dini kriminalitas di kalangan remaja hingga masalah sosial di lingkungan RW. Filosofinya agar Polisi RW bisa berkolaborasi bersama, duduk dan peduli bersama terhadap berbagai fenomena masalah sosial yang di rasakan langsung masyarakat, Polisi RW juga berkewajiban untuk melakukan upaya-upaya problem solving terhadap setiap permasalahan yang ada di tingkat RW, keamanan adalah investasi yang merupakan tanggungjawab bersama dan pada hakekatnya, yang diharapkan dari pelaksanaan lomba adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam akhir sambutannya Kapolres AKBP Indra,menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Satkamling Rt 03 RW V Kelurahan Giriwono sebagai Satkampling terbaik tingkat Polres Wonogiri dan malam ini maju mengikuti lomba tingkat Polda Jateng mewakili Kab. Wonogiri “ungkapnya.

(Humas Polres Wonogiri-Polda Jateng)