Kapolres Bersama Forkopimda Hadiri Upacara HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Avatar photo

Wonogiri-Polres Wonogiri Polda Jateng, Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia di kabupaten Wonogiri berlangsung khidmat. Ratusan personel dari berbagai instansi, mahasiswa, pelajar hingga Ormas turut hadir dan mengikuti upacara yang digelar di Lapangan Pringgodani Kabupaten Wonogiri tersebut. Kamis, (17/8/2023).

 

Selain itu Hadir pula dalam upacara tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M,. M.Si., Dandim 0728/Wng Letkol Inf Deni Oktavianto, S.I.P Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Rais Torodji, S.H., M.H., Kajari Wonogiri Porman Patuan Radot S,H, M.H., Sekda Kab. Wonogiri Drs. Haryono, M.M., Ka Lapas II/B Wonogiri Agustiyar Ekantoro Bc.IP, S.Sos, M.M., Wakil Bupati Setyo Sukarno Ketua DPRD Wonogiri, Wakapolres Wonogiri dan seluruh pejabat Pemkab Wonogiri.

 

Bertindak selaku inspektur upacara adalah ​Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Perwira Upacara Kompol Prawito, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Kabag SDM Polres Wonogiri. Sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada AKP Setiyono, S.H. yang merupakan perwira polisi yang menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Wonogiri.

 

Bupati Wonogiri selaku inspektur upacara, Nampak memberikan bendera Merah Putih untuk di kibarkan oleh pasukan 17 Paskibra Kabupaten Wonogiri.

 

Upacara Peringatan kali ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Sebagai Inspektur upacara, dalam amanatnya Bupati Wonogiri membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah pada upacara pengibaran bendera merah putih peringatan Proklamasi Kemerdekaan Ke – 78 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2023.

 

Dikonfirmasi terpisah usai upacara, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M,. M.Si., melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, S.H., M.H. mengungkapkan, peringatan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia merupakan refleksi untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Momen ini hendaknya dijadikan pelecut semangat membangun kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

 

“Tumbuhkan rasa cinta tanah air dengan segala keragamannya. Kemerdekaan yang telah diraih dan di perjuangkan oleh para Pahlawan ini hendaknya diisi dengan hal-hal positif. Sebagai generasi Bangsa mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan perjuangan dengan menunjukkan prestasi sesuai dengan bidang yang dimilikinya”, ujarnya.

 

Merdeka bukan berarti akhir dari sebuah perjuangan, sebaliknya, seluruh elemen masyarakat mengemban tugas yang lebih berat yaitu mempertahankan dan mengembangkan hasil perjuangan dari para pahlawan.

 

“Perjuangan hari ini tidak lagi melawan para penjajah, tetapi berjuang dengan mengisi kemerdekaan, membangun Indonesia lebih maju dengan berdasar pada empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.” Pungkasnya.

 

Di akhir, Kasi Humas menyampaikan “Dirgahayu Republik Indonesia Yang Ke-78 “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” “Merdeka”.

( Humas Polres Wonogiri Polda Jateng )