Kapolres Wonogiri Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla, Ajak Semua Pihak Tingkatkan Sinergitas

Avatar photo

Wonogiri-Polres Wonogiri Polda Jateng, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan rapat koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Forkopimda Kabupaten Wonogiri dan dinas terkait, yang berlangsung di Ruang Giri Manik Sekda Kabupaten Wonogiri. Selasa ( 22/08/2023 )

 

Hadir dalam kegiatan rakor, Sekda Kabupaten Wonogiri Drs Haryono, M.M., Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammada Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto, S.I.P., Asisten 1 bidang kesra Sekda Kab Wonogiri Drs. Teguh Setyono, M.M., Wakapolres, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kadinkes Wonogiri, Kadinsos Wonogiri, Kadishub, Kasatpol PP, Relawan dan perwakilan PMI Kab Wonogiri.

 

Membuka rakor tersebut, Asisten I Sekda Pemkab Wonogiri Drs. Haryono, M.M. mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya rakor adalah untuk mengantisipasi dan sebagai langkah untuk menekan dan mencegah karhutla di kabupaten Wonogiri.

 

Pada kesempatan ini, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammada Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., menyampaikan ” ini adalah salah satu wujud perhatian pemerintah dan stake holder dalam mengantisipasi dan menekan angka kebakaran di Kabupaten Wonogiri”.

 

“Akir-akir ini telah kita ketahui bersama berbagai laporan adanya kebakaran diKabupaten Wonogiri. Oleh karena itu permasalahan tersebut harus segera kita tangani dan kita pecahkan bersama. Tingkatkan sinergitas semua pihak untuk bersama antisipasi dan menanggulangi karhutla. Pentingnya adanya koordinasi dan pemberian edukasi bagi masyarakat khususnya dalam penanganan bencana kebakaran di Kabupaten Wonogiri”. Tambahnya

 

“Karena sampai saat ini yang terjadi dilapangan adanya kebakaran lebih besar terjadi karena faktor kelalaian. Masyarakat masih sering melakukan pembakaran lahan di saat musim kemarau, dan kurangnya edukasi bagi masyarakat dalam penggunaan peralatan listrik dan penggunaan kabel SNI untuk instalasi listrik”. jelasnya.

 

Terkait permasalahan ini, Pemkab Wonogiri berharap agar dari tingkat desa, kecamatan, sampai tingkat Kabupaten dapat berkolaborasi dan berkoordinasi dalam pelaksanaan penanganan Karhutla, agar tidak terjadi kebakaran dan menimbulkan masalah sosial di masyarakat.

( Humas Polres Wonogiri Polda Jateng )