Bripka Sutrisno Sebarkan Pesan Kamtibmas Lewat Wayang, Dapat Apresiasi Masuk Sekolah Perwira

Avatar photo

WONOGIRI– Bripka Sutrisno adalah anggota Polres Wonogiri yang mahir mendalang. Bahkan, dia menyisipkan oesan-pesan kamtibmas lewat pagelaran wayangnya.

 

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo mengatakan Bripka Sutrisno merupakan seorang Bhabinkamtibmas Desa Sumberejo Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri.

 

“Bripka Sutrisno ini juga dikenal sebagai polisi dalang,” ujar AKP Anom.

 

Di samping melaksanakan tugasnya sebagai polisi, Bripka Sutrisno juga memiliki kemampuan menjadi dalang. Wayang kulit dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat.

 

Lewat kemampuannya, pesan-pesan Kamtibmas disampaikan dan lebih dimengerti oleh masyarakat. Bripka Sutrisno juga telah berpentas di beberapa daerah termasuk menjadi 3 dalang yang tampil pada peringatan Hari Bhayangkara ke 76 di Mabes Polri

 

AKP Anom menerangkan, pada kesempatan itu Bripka Sutrisno menampilkan kepiawaiannya. Bahkan dilihat langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

 

“Bripka Sutrisno akhirnya mendapatkan penghargaan dari Pak Kapolri untuk ikut sekolah perwira polisi.

 

yang dihadiri oleh Kapolri dan pejabat utama Mabes Polri dan disaksikan oleh seluruh jajaran Kepolisian hingga akhirnya Bripka Sutrisno mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSI untuk mengikuti sekolah Perwira Polisi.

 

Bripka Sutrisno mengaku bersyukur bisa mendapaykan kesemoatan untuk sekolah SIP. Dia berterima kasih atas apresiasi yang diberikan dari Kapolri, Kapolda dan Kapolres.

 

“Saya mengajak teman-teman untuk tidak capek berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

 

Dia mengaku mendalang sejak masuk menjadi anggotaPolri dan lebih diperdalam lagi 8 tahun terakhir. Bahkan sudah puluhan kali melakukan pentas.

 

“Kebisaan mendalang saya manfaatkan sebagai sarana komunikasi/sosialisasi Harkamtibmas kepada masyarakat binaan sayaa di Desa Sumberejo Kecamatan Wuryantoro. Alhamdulillah dirasakan masyarakat sangat efektif,” kata Bripka Sutrisno.

 

(Humas Polres Wonogiri Polda Jawa Tengah)