Aplikasi YANPATDU Inovasi Layanan Publik Di Louncing Polres Wonogiri

Kapolres mengatakan, aplikasi itu dibuat untuk memudahkan pelayanan kepada warga dan menjaga situasi kondusif, aman bagi masyarakat Wonogiri.

tribratanews.wonogiri.jateng.polri.go.id – Polres Wonogiri telah meluncurkan inovasi di bidang pelayanan publik. Yakni aplikasi Pelayanan Terpadu (Yanpatdu), aplikasi Pantau dan Kompensasi Standar Pelayanan. Peluncuran pelayanan publik berbasis Teknologi Informasi (IT) itu digelar di aula Polres Wonogiri, pada Senin (9/3/2020).

Acara tersebut dihadiri Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, ketua Bawaslu Wonogiri Mahbub Ali, Wakapolres Kompol Edi Wibowo, serta para pejabat Polres, Pemkab dan Kodim Wonogiri.

Kapolres mengatakan, aplikasi itu dibuat untuk memudahkan pelayanan kepada warga dan menjaga situasi kondusif, aman bagi masyarakat Wonogiri.

Aplikasi Yanpatdu bisa diunduh di Playstore dalam HP android. Aplikasi Yanpatdu untuk mempermudah pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Izin Mengemudi (SIM) dan sebagainya.

Aplikasi Pantau untuk mendekatkan aparat dengan tokoh-tokoh masyarakat, menggelar patroli, sambang dan sosialisasi kepada warga. Sedangkan aplikasi Sepakat untuk meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik.

Aplikasi-aplikasi tersebut disosialisasikan melalui Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), sehingga warga bisa mengetahui dan memanfaatkannya.

Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa mengapresiasi inovasi-inovasi tersebut. Aplikasi itu meningkatkan kualitas pelayanan publik agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam mencari informasi dan menerima layanan yang diperlukan. “Polres Wonogiri hebat, layak memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK),” katanya.

Dandim 0728/Wonogiri juga mengucapkan selamat atas inovasi yang dibuat Polres Wonogiri. “Aplikasi itu akan memudahkan masyarakat dalam memberikan informasi dan mempercepat proses pelayanan bagi masyarakat banyak,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengaku terbantu dengan aplikasi tersebut. Dia lebih mudah membuat SKCK menggunakan sistem online. “Pembuatan SKCK lebih mudah dan cepat,” ujarnya.

Nur Jannah, salah seorang warga Wonogiri mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi Yanpatdu. “Tinggal klik di HP, layanan SKCK semakin mudah untuk kita,” ujarnya.

Penulis : iwan

Exit mobile version