Permudah Ujian Praktek Sim ,Satlantas Polres Wonogiri Ubah Lintasan

Wonogiri – Satuan Lalu Lintas Polres Wonogiri, Polda Jawa Tengah telah merubah lintasan ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) dari 8 menjadi S dan menghilangkan lajur sig sag.

Berubahnya lintasan ujian praktek SIM ini merupakan perintah langsung dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah,S.H.,S.I.K.,M.M.,M.Si. melalui Kasihumas Polres Wonogiri, Akp Anom Prabowo,S.H.,M.H., menerangkan, perubahan lintasan baru ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat / pemohon SIM saat mengikuti ujian praktek.

“Perubahan jalur uji praktek SIM ini guna mendukung program Kapolri dan sebagai bentuk upaya Polres Wonogiri dalam memberikan kemudahan bagi pemohon SIM baru,” ujar Akp Anom, Sabtu (12/8/2023).

Dia menjelaskan, perubahan jalur ujian praktek SIM dilakukan sebagai wujud dari tindak lanjut dari instruksi pimpinan, kita tidak boleh mempersulit masyarakat yang sedang mencari SIM , dimana SIM ( Surat Ijin Mengemudi ), sebagai syarat seseorang boleh mengemudikan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Ia juga mengatakan pada hari ini, Senin (7/8) sudah diberlakuan ujian praktek Sim menggunakan lajur terbaru serta sudah mensosialisasikan di sekolah- sekolah maupun kantor pemerintah tentang perubahan jalur tersebut.

“Ada empat lajur ujian dalam ujian praktek tersebut yaitu lajur keseimbangan atau pengereman, letter U dan letter S. Yang terakhir uji reaksi,” jelasnya.

Sebelumnya ada ujian lajur zig-zag dan angka delapan, saat ini sudah tidak ada. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat, namun tidak menghilangkan faktor keselamatan,” pungkasnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jawa Tengah)

Exit mobile version