Upaya Polres Wonogiri Tekan Kebakaran Hutan Dan Lahan

Wonogiri- Polres Wonogiri, Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sat Binmas Polres Wonogiri melakukan Penyuluhan Keliling (Penling) tentang larangan pembakaran hutan dan lahan, Kegiatan Penling dilaksanakan di lingkungan Sekitar gunung gandul Wonogiri, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan Penyuluhan Keliling tersebut dipimpin oleh KBO Sat Binmas Polres Wonogiri Ipda Suyoto, S.H. bersama Personel Sat Binmas menyampaikan Sosialisasi terkait Larangan Karhutla, di beberapa titik di wilayah Kota Wonogiri. Diantaranya di lingkungan Gerdu, lingkungan Joho, lingkungan Gandul, lingkungan Keron, lingkungan Grobog, dan Dsn Sumber serta Dsn Kedungareng.

Kegiatan Penyuluhan ini merupakan salah satu upaya Preemtif guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang akibat yang bisa ditimbulkan bila sampai terjadi pembakaran hutan dan lahan, yang pastinya akan dapat menimbulkan kerusakan ekosistem dan lingkungan, selain itu juga akan menimbulkan Asap yang dapat membahayakan kesehatan, kemudian bila sudah banyak menimbulkan kabut asap juga akan mempengaruhi jarak Pandang Penglihatan yang dapat mempengaruhi Transportasi Darat, Laut dan Udara.

Kapolres Wonogiri AKBP melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, S.H., M.H. menuturkan, “ini merupakan bagian dari upaya kami dalam melakukan pencegahan Karhutla, Kami menyampaikan sosialisasi dan Imbauan Pencegahan Karhutla selain itu kami juga memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan”.

“Agar masyarakat yang beaktifitas bersih bersih untuk tidak membakar sampah sembarangan dan saling mengingatkan untuk tidak membakar sisa pertanian apabila akan berkebun atau bercocok tanam. Kami berharap kedepan tidak ada lagi kebakaran di wilayah Kabupaten Wonogiri. Pungkasnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Exit mobile version